naufalamir69
Duta Besar Turki untuk Amerika Serikat, Nabi Hansoi mengundurkan diri dari jabatannya (Kamis,10/12/09); karena dikritik oleh Menteri Luar Negeri Turki, David Oglu. Dalam pernyataan resminya, Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan telah menyetujui permintaan dari Duta Besar di Washington untuk dialihkan tugasnya ke Dewan Kementerian sampai mendapatkan penggantinya sesegera mungkin.
Surat kabar "Hurriyet", dalam situsnya menyatakan bahwa Hansoi tiba-tiba mengundurkan diri enam bulan sebelum masa pensiunnya berakhir karena menjadi sasaran kritik dari Oglu. Dijelaskan dalam situs ini bahwa Oglu mengkritik Hansoi karena kegagalannya menjamin keikutsertaan Oglu dalam pertemuan bilateral antara Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Barack Obama di Gedung Putih Senin lalu.
Dijelaskan pula meskipun Daud Oglo telah meminta untuk mengatur keikutsertaanya dalam pertemuan antara Erdogan dan Obama itu namun ia tetap tidak bisa menghadiri pertemuan. Hal inilah yang mendorong Menlu Turki untuk langsung menyalahkan dan melancarkan kritik kepada Dubes Turki tersebut.
Oglu sempat bertanya-tanya mengapa ia tidak diperkenankan untuk ikut dalam pertemuan itu. Hansoi menjawab bahwa permintaan izin belum diserahkan kepada pihak AS.
Erdogan: Kami Inginkan yang Terbaik
Terkait pengunduran ini, Erdogan menyatakan: "Saya tidak mengetahui hal ini dan jika berita ini benar maka kami ingin yang terbaik untuknya."
Lobi Yahudi di U. S. Kongres mulai bergerak melawan Turki, setelah pukulah Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang berturut-turut kepada Israel.
Menurut sumber-sumber media yang ada, sebelumnya para pemimpin Yahudi Amerika telah bertemu dengan Dubes Turki di Washington dan menyatakan keprihatinan yang mendalam dengan arah pemerintahan Turki di bawah kekuasaan Partai Keadilan dan Pembangunan setelah bertahun-tahun terbina hubungan yang baik dengan Yahudi
0 Responses

Posting Komentar